bunga-bunga

Belakangan ini saya punya kebiasaan baru, menyempatkan diri mampir di stand tanaman hiasnya bang Jhon, salah seorang seniorku dulu di kampus, kebetulan juga lokasinya tak jauh dari kantor, jadi seusai kerja, bisa menjadi tempat persinggahan yang menyenangkan.
Sebetulnya, saya tak begitu mengerti tentang tanaman, tentang bunga-bunga indah dengan nama-nama latin yang rumit itu. Sedangkan bang Jhon, ia seperti ahli tanaman, padahal sebenarnya ia lulusan Ilmu Komunikasi Unhas, tapi jika menjelaskan tentang bunga, ia menceramahiku seperti penjual obat di pasar Sentral, tentang nama-nama bunga, mengapa dinamakan seperti itu, bagaimana ia tumbuh, kenapa ia bisa mati, kenapa ia dihargai dengan sangat mahal, dan seterusnya...
Sebenarnya alasan saya mampir kesana sederhana saja, saya hanya merasa nyaman, juga tenang. Beda saja rasanya, jika nongkrong di Mall-Mall dan sebagainya, barangkali yang kita lihat melulu hal-hal instan, sebuah tempat dimana orang-orang saling mempertontonkan eksistensinya.
Tapi disini, saya merasa menemukan sesuatu yang berbeda, saya melihat sebuah proses yang sederhana dalam hidup. Tanaman-tanaman yang tumbuh dari tunas-tunas, berkembang seiring waktu, bunga-bunga yang merekah dengan warna-warna yang indah, daun-daun yang gugur, dan menjadi pertanda baru bagi kehidupan selanjutnya... Kata bang Jhon :
" bila ia mulai tinggi, potonglah 10-20 cm dari pucuknya, bila ditanam, potongan itu akan menjadi tunas baru bagi kehidupan generasi selanjutnya, dan pada pucuk yang telah terpangkas itu, kelak akan tumbuh lagi, 2, 3 atau 4 tunas-tunas baru...". Ah, sebuah siklus yang indah menurutku...
Hmmm..., pasti menyenangkan, bila nanti saya bisa melihat sebagian dari mereka tumbuh di taman mungil itu, tepat dibawah jendela...: )

Makassar, 12 Desember 2008 - 21:00

"sebentar lagi....mungkin dipenghujung bulan ini, ditempat yang jauh disana...seseorang akan memulai hidupnya yang baru.....pucuk-pucuk yang patah itu akan tumbuh lagi, lalu bunga-bunga baru akan bersemi. My Litle Simp, saya hanya bisa mengirim banyak doa.....moga selalu baik adanya....."

1 comment:

Yusran Darmawan said...

saya tahu siapa little simp itu